Mawar HITAM

 

mawar halfeiti-loveiscinta

Bunga Mawar identik dengan warna-warna cantik dan menarik. Kita mengetahui dan sering melihat mawar dengan kelopak berwarna pink, merah, kuning, putih, oranye, biru dan hijau namun jarang sekali kita menyaksikan mawar hitam yang selalu dikaitkan dengan kematian dan sisi gelapnya sifat manusia.

Dalam banyak cerita dan mitos, bunga mawar hitam sering dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Ada juga yang mengatakan bahwa bunga mawar hitam adalah simbol cinta mati.

Baru-baru ini, saya mendapat pertanyaan dari pembaca blog saya ini, dimana beliau menanyakan tentang kebenaran wujudnya mawar hitam.

Lalu sekarang saya menjawab, MAWAR HITAM ini benar-benar ada dan telah dibuktikan kewujudannya. Mawar HITAM ini di Halfeti, sebuah desa mungil di Provinsi Sanliurfa, Turki. Banyak wisatawan yang tertarik telah berkunjung ke sana demi menyaksikan sendiri mawar super langka itu.

Tak seperti mawar lain, Mawar Halfeti ini berwarna hitam pekat, yang merupakan warna alaminya. Ini adalah bunga musiman, hanya mekar pada musim panas dalam jumlah yang sedikit. Itulah mengapa mawar hitam ini dikatakan sangat langka. Mawar-mawar hitam ini biasanya hanya mekar 2 kali dalam setahun selama 15 hari.

mawar hitam - loveinglass

Mengutip Oddity Central, Senin (23/12/2013), mawar ini sebenarnya tumbuh berwarna merah pekat saat pertama mekar di musim semi. Namun semakin lama, warnanya semakin menghitam. Warga Turki menganggap mawar Halfeti sebagai simbol dari misteri, harapan dan keinginan, juga kematian dan kabar buruk.

Meski begitu, mawar ini berhasil menggaet turis dari berbagai belahan dunia untuk menyambangi Desa Halfeti. Mawar ini tumbuh berkat tingkat keasaman dan kesuburan tanah, mengingat air yang mengalir di Desa Halfeti berasal dari Sungai Eufrat.

Pada 1990-an, sebuah bendungan yakni Birecik Dam dibangun di Sungai Eufrat namun menggusur banyak tanah dan lahan. Warga Desa Halfeti pun pindah ke wilayah Desa Karaotlak, sekitar 10 Km dari Desa Halfeti lama. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya pertumbuhan mawar hitam disana dan hamper mengalami kepunahan.

mawar hitam - loveiscinta

Perpaduan itulah yang membuat mawar yang tumbuh di Desa Halfeti cenderung berwarna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam. Pigmen alami itu bernama anthocyanin, yaitu kandungan warna alami yang juga terdapat pada raspberry dan blueberry.

Namun pemerintah setempat mengalakkan segala cara untuk membudidayakan mawar hitam ini. Benih-benih mawar hitam dibudidayakan di rumah kaca. Kini tiap musim panas, pelbagai bangsa turis berbondong-bondong menyambangi Halfeti untuk melihat mawar hitam yang sangat cantik ini.

 

Ditulis berdasarkan beberapa sumber :

Natasia Maiza™

Jom Komen...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s